Rangkaian Hari Jadi Ciamis Ke- 381, Bupati Ciamis Lepas Arak-Arakan Pataka Ke 5 Eks Kewedanaan

CIAMIS, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melepas secara langsung Arak-arakan Pataka bertempat di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jum’at (12/05/2023).

Acara pelepasan Ngarak Pataka tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke-381.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Kegiatan Ngarak Pataka ini akan dilaksanakan di 5 eks kewedanaan Kabupaten Ciamis dimulai dari Kewedanaan Kawali, Tambaksari, Banjarsari, Ciamis dan terakhir Panumbangan.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan bahwa kegiatan ngarak pataka ini kali kedua dilaksanakan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke 381 tahun.

“Ngarak pataka ini bertujuan agar warga masyarakat mempunyai rasa memiliki pada Kabupaten Ciamis sehingga tentu diharapkan dapat membawa kemajuan bagi tatar Galuh Ciamis,” Ucapnya.

Selain itu juga, kegiatan Ngarak Pataka ini bertujuan untuk mendekatkan antara pemerintah dengan masyarakat melalui berbagai pelayanan publik yang disuguhkan langsung pada masyarakat.

Diketahui, dalam kegiatan ini setidaknya terdapat 25 Unit Pelayanan Publik (UPP) dengan 17 UPP Pemkab Ciamis dan 8 UPP instansi vertikal di Kabupaten Ciamis dengan total kurang lebih 50 jenis layanan.

“Upaya ini semata-mata untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ngarak pataka tahun ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Mahkota Binokasih dari keraton Sumedang Larang kepada Bupati Ciamis.

“Sanghiyang Binokasih asalnya dari Ciamis kemudian ke Pakuan Pajajaran di Bogor dan berakhir diserahkan ke Kerajaan Sumedang, karena pada saat itu kerajaan Galuh sangat luas,” terangnya.

Terakhir, Bupati berharap agar peninggalan sejarah tersebut dapat terus dirawat dan dipelihara dengan baik, termasuk di Kabupaten Ciamis dengan berbagai situs dan peninggalan sejarah yang ada.

PROKOPIM CIAMIS

Share Berita